Senin, 22 Oktober 2012

Shalat Ahli Makrifat : Seputar Makna Batiniah Gerakan & Bacaan dalam Shalat

Shalat dan juga semua ritus ibadah lainnya memiliki aspek batin, inti, dan hakikat yang berbeda dari bentuk dan aspek lahiriah. Kebenaran pernyataan ini bisa dipahami dari salah satu hadis Nabis saw. berikut ini: "Dua orang dari umatku mengerjakan shalat. Rukuk dan sujud mereka sama, tetapi di antara shalat mereka berdua ada perbedaan sejarak langit dan bumi."

Bagi ahli makrifat, shalat adalah kendaraan (buraq) dan tangga mikraj menuju hadirat Allah. Selama shalat seseorang masih berupa "bentuk shalat" dan tidak sampai pada batin dan rahasianya, maka ia masih tetap sekadar "bentuk manusia" dan tidak sampai pada hakikat manusia.

Ada kalnya ibadah-ibadah yang telah kita lakukan selama lima puluh tahun atau lebih---sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi saw.---tidak berpengaruh baik pada hati kita, namun justru memperburuknya. Dan karena itu pula shalat yang selama ini kita lakukan, yang semestinya mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar tidak pernah mengantarkan kita ke salah satu maqam kerjernihan. Padahal, setiap ibadah dalam Islam semestinya memiliki pengaruh yang membekas di dalam hati, karena adanya jalinan dan hubungan alamiah antara dimensi lahiriah dan natiniah manusia, antara yang tampak dan yang tersembunyi.

Aspek batiniah bacaan dan gerakan dalam shalat itulah yang dibahas dalam buku ini. Buku ini adalah "hadiah agung" dari Imam Khumaini kepada putranya, Ahmad, yang keduanya kini telah tiada. Warisan agung ini sangat pantas disimak dan terlalu berharga untuk dilupakan oleh setiap Muslim.





Display Buku



Rp 49.000
Hemat Rp 7.350
Rp 41.650


 
Judul Shalat Ahli Makrifat : Seputar Makna Batiniah Gerakan & Bacaan dalam Shalat  
No. ISBN 9789799109538 
Penulis Imam Ruhullah al-Musawi al-Khumaini 
Penerbit Pustaka Hidayah 
Tanggal terbit Oktober - 2012 
Jumlah Halaman
Berat Buku 400 gr
Jenis Cover Hard Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Islam 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··

1 komentar: