Jumat, 15 Februari 2013

Pendidikan Holistik

Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna


Sejak 2500 tahun yang lalu Socrates telah berkata bahwa tujuan yang paling mendasar dari pendidikan adalah untuk membuat seseorang menjadi "good and smart". Manusia yang terdidik seharusnya menjadi orang bijak yaitu yang dapat menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang baik (beramal shaleh), dan dapat hidup secara bijak dalam seluruh aspek kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, dan bernegara. Karenanya, sebuah sistem pendidikan yangberhasil adalah yang dapat membentuk manula-manula berkarakter yang sangat diperlukan dalam mewujudkan sebuah Negara yang terhormat.

Namun pendekatan pendidikan Socrates itu belum mampu memberikan sesuatu yang baru bagi perubahan paradigma pendidikan kita. Hal ini karena pendekatan yang digunakan adalah filsafat humanisme Barat, yang hanya menitikberatkan pada kehidupan manusia di dunia, tanpa ada hubungannya dengan Tuhan. Padahal persoalan manusia bukan hanya masalah duniawi tetapi juga menyangkut persoalan ukhrawi.

Oleh karena itu, harus ada paradigma baru dalam pendidikan kita. Yaitu paradigma yang besrsifat holistik, Konsep pendidikan holistik sesungguhnya dapat kita gali dari pendidikan Islam. Dalam Islam, pendidikan harus dapat mendorong pertumbuhan bagi manusia dalam segala aspeknya, baik itu spiritual, intelektual, imajinatif, fisik, ilmiah maupun bahasa. Pendidikan Islam mendorong semua aspek kehidupan manusia menuju ke arah yang lebih baik dan membentuk individu-individu yang tunduk pada ajaran Allah Swt. Pendidikan Islam mengembangkan segala aspek yang dimiliki oleh manusia, baik itu aspek kognitif, afektif maupun konatif yang berkorelasi erat dengan tiga konsep fundamental Islam yaitu Iman,, Ihsan dan Islam.
 
Display Buku



Rp 55.000
Hemat Rp 8.250
Rp 46.750


 
Judul Pendidikan Holistik  
No. ISBN 9786029247169 
Penulis Dr. Amie Primarni & Khairunnas, S.HI 
Penerbit Al Mawardi 
Tanggal terbit Februari - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 250 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Pendidikan & Pengajar 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar