Kehadiran pendidikan karakter sebagai kurikulum dalam sistem pendidikan
Indonesia saat ini diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang lebih
baik. Adapun visi dari pendidikan karakter adalah pengolahan dan
pembinaan karakter anak bangsa agar menjadi anak yang memiliki pribadi
santun, cerdas, serta kreatif. Dan misi pendidikan karakter adalah
mencetak generasi-generasi unggul yang tidak hanya memiliki kecerdasan
intelektual, tetapi juga bertanggung jawab, pantang menyerah, memiliki
jiwa kepemimpinan, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
menjadi misi pendidikan karakter.
Untuk mewujudkan visi dan misi pendidikan karakter tersebut, dibutuhkan alat dan metode yang tepat. Dalam buku ini, dongeng dijadikan sebagai alat untuk mendukung tercapainya visi dan misi pendidikan karakter. Mengapa dongeng? Dongeng dapat menjadi jembatan komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pengajaran kepada anak-anak, baik di rumah maupun di sekolah. Dengan mendongeng, penyampaian pesan-pesan moral yang sesuai dengan misi pendidikan karakter dapat berlangsung dengan baik. Anak-anak tidak merasa digurui. Semua pesan mengalir dan menyerap ke dalam pikiran dan hati mereka. Tradisi mendongeng yang disampaikan nenek moyang kita secara turun-temurun bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan kepribadian anak-anak setelah mereka dewasa. Bukan hanya itu, kebiasaaan mendongeng orang tua kepada anak-anaknya sejak dini ternyata memengaruhi kecerdasan dan pola pikir mereka sehingga berdampak pada kemajuan negara 25 tahun ke depan.
Buku ini membahas secara tuntas bagaimana mendongeng dapat menjadi metode penyampaian dan pengajaran pesan-pesan moral serta budi pekerti yang sangat efektif. Tidak hanya itu, penulis juga menjelaskan bagaimana menerapkan dan membudayakan pendidikan karakter berbasis dongeng di lingkungan sekolah atau rumah, teknik menghafal super cepat dan tahan lama (tidak mudah lupa) dengan teknik mendongeng. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para guru, calon guru, dan orang tua.
Untuk mewujudkan visi dan misi pendidikan karakter tersebut, dibutuhkan alat dan metode yang tepat. Dalam buku ini, dongeng dijadikan sebagai alat untuk mendukung tercapainya visi dan misi pendidikan karakter. Mengapa dongeng? Dongeng dapat menjadi jembatan komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pengajaran kepada anak-anak, baik di rumah maupun di sekolah. Dengan mendongeng, penyampaian pesan-pesan moral yang sesuai dengan misi pendidikan karakter dapat berlangsung dengan baik. Anak-anak tidak merasa digurui. Semua pesan mengalir dan menyerap ke dalam pikiran dan hati mereka. Tradisi mendongeng yang disampaikan nenek moyang kita secara turun-temurun bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan kepribadian anak-anak setelah mereka dewasa. Bukan hanya itu, kebiasaaan mendongeng orang tua kepada anak-anaknya sejak dini ternyata memengaruhi kecerdasan dan pola pikir mereka sehingga berdampak pada kemajuan negara 25 tahun ke depan.
Buku ini membahas secara tuntas bagaimana mendongeng dapat menjadi metode penyampaian dan pengajaran pesan-pesan moral serta budi pekerti yang sangat efektif. Tidak hanya itu, penulis juga menjelaskan bagaimana menerapkan dan membudayakan pendidikan karakter berbasis dongeng di lingkungan sekolah atau rumah, teknik menghafal super cepat dan tahan lama (tidak mudah lupa) dengan teknik mendongeng. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para guru, calon guru, dan orang tua.
Rp |
|
Hemat Rp 4.950 | |
Rp 28.050 | |
Judul | Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng |
No. ISBN | 9789793782911 |
Penulis | Kak Hendri |
Penerbit | Simbiosa Rekatama Media |
Tanggal terbit | Februari - 2013 |
Jumlah Halaman | - |
Berat Buku | 200 gr |
Jenis Cover | Soft Cover |
Dimensi(L x P) | - |
Kategori | Psikologi & Pendidikan Anak |
Bonus | - |
Text Bahasa | Indonesia ·· |
Lokasi Stok | gudang bukukita |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar