Jumat, 18 Oktober 2013

Jurnalistik Foto Suatu Pengantar

Pernahkah Anda membaca media massa cetak tanpa ada sebuah foto di dalamnya? Rasanya tidak ada media massa cetak (surat kabar, tabloid, dan majalah) yang tidak menyertakan foto dalam setiap terbitannya. Foto seringkali menjadi daya tarik bagi pembaca sebelum membaca berita. Terutama foto yang dimuat di halaman pertama surat kabar, yang biasanya berhubungan dengan headline berita hari itu.


Setiap foto harus mampu memukau indra dan perhatian orang seketika itu. Bagaimana pun tampilannya, ketika dipamerkan di ruang publik, sebuah foto mempunyai pengaruh yang sangat kuat, dapat menggetarkan perasaan dan menggugah pikiran orang yang melihat dan membacanya.'Tanpa gambar, aksara tak bermakna" begitulah kata pepatah lama. Fotografi adalah seni melihat yang dapat memberikan banyak kisah atas berbagai momen yang terjadi.


Buku ini tidak hanya membahas secara teoretis apa dan bagaimana membuat foto jurnalistik, tetapi juga teknik dasar praktis yang dapat dilakukan oleh para jurnalis foto untuk membuat serta menghasilkan foto jurnalistik yang baik dan layak diterbitkan dalam media massa cetak.


Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa komunikasi jurusan jurnalistik, para "pecandu" fotografi, dan Anda yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang jurnalis foto.

***

RITA GANI, dosen tetap bidang kajian Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA, mengampu mata kuliah Jurnalistik Foto. Saat ini, ia sedang melanjutkan pendidikan di Program Doktoral Pascasarjana UNPAD. Selain memotret, menyukai traveling dan olahraga yoga, ia juga aktif menulis di berbagai surat kabar, mengisi materi di berbagai pelatihan, dan melakukan berbagai penelitian, terutama yang berkaitan dengan media literasi.


RATRI RIZKI KUSUMALESTARI, lahir di Denpasar, 31 Januari 1975, menyelesaikan studi S1 di Jurusan Ilmu Jurnalistik Fikom Universitas Padjajaran Bandung. Saat ini sedang menyelesaikan studi S2 di perguruan tinggi yang sama. Ketertarikannya dengan dunia fotografi bermula dari bangku kuliah dan mulai serius menekuninya sejak mengajar mata kuliah Dasar Fotografi, Teknik Fotografi dan Jurnalistik Foto di Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA.
 
Rp 64.000
Hemat Rp 9.600
Rp 54.400
 
 
Judul Jurnalistik Foto Suatu Pengantar  
No. ISBN 9786027973077 
Penulis Rita Gani & Ratna Rizki Kusumalestari 
Penerbit Simbiosa Rekatama Media 
Tanggal terbit Oktober - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 350 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Fotografi 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar