Jumat, 18 Oktober 2013

Model-Model Komunikasi Perspektif Pohon Komunikasi

Pada masa lalu. komunikasi bukan merupakan sebuah disiplin ilmu yang didasarkan pada model psikologi atau matematika, melainkan  persimpangan akademik yang dilalui oteh banyak orang tetapi diperhatikan oleh sedikit orang saja. Sejak Wilbur Schramm menulis buku The Science of Human Communication, begitu banyak orang yang menikmati persimpangan itu sehingga pengembangan ilmu komunikasi pun terus berlangsung. Pada masa Schramm, konsep komunikasi masih sempit, komunikasi hanya dipandang sebagai proses penyampaian pesan melalui saluran-saluran tertentu.

Sejak tahun 1960-an, beberapa karakteristik ilmu komunikasi telah berubah. Schramm menyatakan bahwa penelitian komunikasi adalah penelitian kuantitatif, bukan spekulatif. Dalam hal ini, ilmu komunikasi disamakan dengan penggunaan alat ukur kuantitatif dalam ilmu pengetahuan sosial. Selanjutnya, berbagai atribut yang menandai ilmu komunikasi berubah dari atribut metodologis ke atribut teoretis. Aspek lain yang telah berubah adalah fokus atau sumber yang menghasilkan berbagai gagasan penelitian.


Schramm mencatat sejumlah kontribusi yang diberikan disiplin ilmu lain pada studi komunikasi, seperti psikologi. sosiologi, dan ilmu politik. Dalam satu atau dua dekade terakhir, semakin banyak peneliti komunikasi yang menciptakan teori sendiri. Meskipun mereka masih mengandalkan disiplin ilmu lain untuk memperoleh sejumlah gagasan, tingkat ketergantungan mereka pada disiplin ilmu lain semakin berkurang. Komunikasipun berkembang menjadi sebuah disiplin ilmu.


Menyimak sejarah penelitian komunikasi, dapat dilakukan analisis dan sintesis melalui usaha rekonstruksi (membangun kembali) ilmu komunikasi melalui perspektif yang ljerbeda. Penulis mencoba merekonstruksi ilmu komunikasi melalui perspektif "pohon komunikasi", sebuah pemikiran fenomenal yang disampaikannya pada saat pengukuhan sebagai guru besar (2001), dan kini menjadi sebuah buku di tangan Anda.


Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama puluhan tahun memberi kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, mulai program S1 sampai S3. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa ilmu komunikasi di seluruh program, yang senantiasa haus akan perkembangan ilmu komunikasi.

***

PROF. DR.Hj. NINA WINANGSIH SYAM, MS adalah Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Lulus sebagai Sarjana Publisistik Unpad tahun 1972, sedangkan Magister dan Doktor Bidang Komunikasi diselesaikannya pada tahun 1990 dan 1994 di Unpad.
Selain mengajar di Unpad, Prof. Nina juga mengajar di Program Pascasarjana di beberapa perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri, dalam mata kuliah Landasan Ilmiah Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Psikologi Komunikasi, dan Kapita Seiekta Komunikasi. Kiprah dan minatnya dalam dunia penelitian meliputi studi tentang Public Reiations, Wanita, lingkungan, Pariwisata, Komunikasi Pemerintahan, dan Komunikasi Pembangunan.
Aktivitasnya di organisasi lokal dan nasional antara lain di BKPTS dan BMPTSi IV. Selain itu, Prof. Nina aktif sebagai anggota organisasi internasional, seperti International Communication Research Assoaation (ICRA), International Public Reiations Assoaation (IPRA), Institute Public Reiations Malaysia (IPRM), International Communication Association (AACA).
 
Rp 99.000
Hemat Rp 14.850
Rp 84.150
 
 
Judul Model-Model Komunikasi Perspektif Pohon Komunikasi  
No. ISBN 9786027973060 
Penulis Prof. Dr. Nina W. Syam, MS. 
Penerbit Simbiosa Rekatama Media 
Tanggal terbit Oktober - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 375 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Komunikasi 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar