Periklanan
kini tidak hanya berputar di lingkaran ekonomi sebagai sebuah alat
promosi, tetapi telah bertransformasi menjadi sumber inspirasi dari gaya
hidup, tren, kebiasaan, serta cara pandang masyarakat, yang pada
akhirnya melupakan kepentingan awal (ekonomi politik) dari periklanan.
Kepentingan ekonomi politik itu seringkali tidak disadari, bahkan absen
dari mata masyarakat ketika dihadapkan pada aspek-aspek lain di luar
kepentingan ekonomi politik itu sendiri.
Buku ini membahas bagaimana periklanan memboncengi kepentingan ekonomi politik yang tumbuh dalam masyarakat kapitalis; hubungan kepentingan antara bisnis, budaya, konsumsi, media massa atau penyebaran ideologi; serta bagaimana iklan bekerja dan mendominasi masyarakat saat ini.
Penulisnya membagi buku ini menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas konsep periklanan; sejarah periklanan; 'trias ekonomika' yang tumbuh berkembang di zaman komunikasi dan informasi; jenis-jenis periklanan; bagaimana periklanan bekerja untuk mencapai tujuan utamanya; dan transformasi yang terjadi dalam kehidupan sosial yang memberikan angin segar bagi praktik periklanan.
Bagian kedua membahas analisis ekonomi politik dalam periklanan, gagasan kritik ekonomi politik dari beberapa tokoh kajian ekonomi politik; perkembangan sains sebagai faktor pendorong perubahan pola pikir masyarakat dan fakta-fakta ilmiah yang muncul dalam periklanan; tubuh sebagai sebuah inspirasi bagi berbagai komoditas dan strategi dalam periklanan; keterkaitan antara kebugaran dengan industrialisme dalam periklanan; serta upaya pengaplikasian ekonomi politik dalam bidang ilmu komunikasi.
Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ilmu komunikasi, praktisi periklanan, dan masyarakat yang tertarik dengan masalah periklanan.
Buku ini membahas bagaimana periklanan memboncengi kepentingan ekonomi politik yang tumbuh dalam masyarakat kapitalis; hubungan kepentingan antara bisnis, budaya, konsumsi, media massa atau penyebaran ideologi; serta bagaimana iklan bekerja dan mendominasi masyarakat saat ini.
Penulisnya membagi buku ini menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas konsep periklanan; sejarah periklanan; 'trias ekonomika' yang tumbuh berkembang di zaman komunikasi dan informasi; jenis-jenis periklanan; bagaimana periklanan bekerja untuk mencapai tujuan utamanya; dan transformasi yang terjadi dalam kehidupan sosial yang memberikan angin segar bagi praktik periklanan.
Bagian kedua membahas analisis ekonomi politik dalam periklanan, gagasan kritik ekonomi politik dari beberapa tokoh kajian ekonomi politik; perkembangan sains sebagai faktor pendorong perubahan pola pikir masyarakat dan fakta-fakta ilmiah yang muncul dalam periklanan; tubuh sebagai sebuah inspirasi bagi berbagai komoditas dan strategi dalam periklanan; keterkaitan antara kebugaran dengan industrialisme dalam periklanan; serta upaya pengaplikasian ekonomi politik dalam bidang ilmu komunikasi.
Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ilmu komunikasi, praktisi periklanan, dan masyarakat yang tertarik dengan masalah periklanan.
***
Yadi Supriadi,
lahir di Bandung 20 Maret 1983. Menyelesaikan kuliah di Program Sarjana
Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (2006), kemudian Pascasarjana
di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (2010). Sekarang menjadi
staf pengajar di jurusan ilmu komunikasi Universitas Komputer Indonesia
dan Universitas Sangga Buana - Bandung.
Rp |
Hemat Rp 7.350 |
Rp 41.650 |
Judul | Periklanan Perspektif Ekonomi Politik |
No. ISBN | 9786027973053 |
Penulis | Yadi Supriadi |
Penerbit | Simbiosa Rekatama Media |
Tanggal terbit | Oktober - 2013 |
Jumlah Halaman | - |
Berat Buku | 300 gr |
Jenis Cover | Soft Cover |
Dimensi(L x P) | - |
Kategori | Komunikasi |
Bonus | - |
Text Bahasa | Indonesia ·· |
Lokasi Stok | gudang bukukita |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar