Jumat, 18 Oktober 2013

Periklanan Perspektif Ekonomi Politik

Periklanan kini tidak hanya berputar di lingkaran ekonomi sebagai sebuah alat promosi, tetapi telah bertransformasi menjadi sumber inspirasi dari gaya hidup, tren, kebiasaan, serta cara pandang masyarakat, yang pada akhirnya melupakan kepentingan awal (ekonomi politik) dari periklanan. Kepentingan ekonomi politik itu seringkali tidak disadari, bahkan absen dari mata masyarakat ketika dihadapkan pada aspek-aspek lain di luar kepentingan ekonomi politik itu sendiri.


Buku ini membahas bagaimana periklanan memboncengi kepentingan ekonomi politik yang tumbuh dalam masyarakat kapitalis; hubungan kepentingan antara bisnis, budaya, konsumsi, media massa atau penyebaran ideologi; serta bagaimana iklan bekerja dan mendominasi masyarakat saat ini.


Penulisnya membagi buku ini menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas konsep periklanan; sejarah periklanan; 'trias ekonomika' yang tumbuh berkembang di zaman komunikasi dan informasi; jenis-jenis periklanan; bagaimana periklanan bekerja untuk mencapai tujuan utamanya; dan transformasi yang terjadi dalam kehidupan sosial yang memberikan angin segar bagi praktik periklanan.


Bagian kedua membahas analisis ekonomi politik dalam periklanan, gagasan kritik ekonomi politik dari beberapa tokoh kajian ekonomi politik; perkembangan sains sebagai faktor pendorong perubahan pola pikir masyarakat dan fakta-fakta ilmiah yang muncul dalam periklanan; tubuh sebagai sebuah inspirasi bagi berbagai komoditas dan strategi dalam periklanan; keterkaitan antara kebugaran dengan industrialisme dalam periklanan; serta upaya pengaplikasian ekonomi politik dalam bidang ilmu komunikasi.


Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ilmu komunikasi, praktisi periklanan, dan masyarakat yang tertarik dengan masalah periklanan.

***

Yadi Supriadi, lahir di Bandung 20 Maret 1983. Menyelesaikan kuliah di Program Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (2006), kemudian Pascasarjana di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (2010). Sekarang menjadi staf pengajar di jurusan ilmu komunikasi Universitas Komputer Indonesia dan Universitas Sangga Buana - Bandung.

Rp 49.000
Hemat Rp 7.350
Rp 41.650



Judul Periklanan Perspektif Ekonomi Politik  
No. ISBN 9786027973053 
Penulis Yadi Supriadi 
Penerbit Simbiosa Rekatama Media 
Tanggal terbit Oktober - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 300 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Komunikasi 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar