MERANCANG PEMEBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF & MENYENANGKAN DI SEKOLAH RAMAH ANAK
Memahami keberagaman peserta didik di kelas untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan peserta didik yang membutuhkan layanan pendidikan khusus perlu dilakukan oleh guru. Kegiatan identifikasi dan asesmen dilakukan agar guru mengetahui kekuatan peserta didik kelemahan peserta didik, kebutuhan peserta didik, dan standar awal (baseline) peserta didik sehingga dapat direncanakan program pendidikan/pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu/peserta didik. Rencana program pembelajaran seperti ini disebut program pembelajaran individual (PPI) atau Individualized Education Program (IEP).
Untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis, dan berpikir kreatif, maka perlu dilaksanakan suatu model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).
Untuk kepentingan tersebut maka seyoganya guru harus mengenal dan memahami konsep dasar PAIKEM, Tujuan PAIKEM, prinsip-prinsip PAIKEM, karakteristik PAIKEM dan mengimplementasikan PAIKEM dalam kelas yang ramah, terbuka dan tidak mendiskriminasi.
Memahami keberagaman peserta didik di kelas untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan peserta didik yang membutuhkan layanan pendidikan khusus perlu dilakukan oleh guru. Kegiatan identifikasi dan asesmen dilakukan agar guru mengetahui kekuatan peserta didik kelemahan peserta didik, kebutuhan peserta didik, dan standar awal (baseline) peserta didik sehingga dapat direncanakan program pendidikan/pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu/peserta didik. Rencana program pembelajaran seperti ini disebut program pembelajaran individual (PPI) atau Individualized Education Program (IEP).
Untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis, dan berpikir kreatif, maka perlu dilaksanakan suatu model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).
Untuk kepentingan tersebut maka seyoganya guru harus mengenal dan memahami konsep dasar PAIKEM, Tujuan PAIKEM, prinsip-prinsip PAIKEM, karakteristik PAIKEM dan mengimplementasikan PAIKEM dalam kelas yang ramah, terbuka dan tidak mendiskriminasi.
Rp |
Hemat Rp 7.350 |
Rp 41.650 |
Judul | Pembelajaran Yang Ramah |
No. ISBN | 9786022680215 |
Penulis | Drs. Dedy Kustawan, M. Pd. |
Penerbit | Luxima |
Tanggal terbit | Juni - 2013 |
Jumlah Halaman | - |
Berat Buku | 300 gr |
Jenis Cover | Soft Cover |
Dimensi(L x P) | - |
Kategori | Pendidikan & Pengajar |
Bonus | - |
Text Bahasa | Indonesia ·· |
Lokasi Stok | gudang bukukita |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar