Selasa, 09 April 2013

Pemikiran Politik Islam dalam Pemerintahan

Konsep Wilayah Faqih sebagai Epistemologi Pemerintahan Islam


Buku "Pemikiran Politik Islam dalam Pemerintahan" ini merupakan hasil terjemahan dari buku aslinya yang berbahasa Parsi. "Hukumat-i Islami".
Dalam buku ini paling tidak ada tiga gagasan besar yang hendak ditegaskan Imam Khumaini;

Pertama, kebutuhan akan terbentuknya dan terpeliharanya institusi politik Islam, dengan kata lain kebutuhan akan terbentuknya kekuatan politik sesuai tujuan-tujuan, aturan-aturan, dan kriteria-kriteria Islam.

Kedua, tugas bagi para ulama (fuqaha) untuk membentuk Negara Islam, dan mengambil peran dalam bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Singkatnya, konsep tentang pemerintahan yang dikepalai seorang Faqih ( Wilayatul Faqih).
Dan

Ketiga, program kerja yang disusun oleh Imam Khumaini untuk membentuk sebuah Negara Islam, termasuk standar-standar bagi reformasi yang dilandasi oleh penegakan yang religius. Ketiga tema besar tersebut adalah terbentuknya system hukum Republik Islam Iran setelah kemenangan Revolusi Islam yang digerakan oleh Imam Khumaini.

Menariknya ! Imam Khumaini Menjelaskan Pemerintahan Islam dengan Argumentasi-argumentasi rasional-kalam dan intuisi filosofis yang berbasis pada ijtihad agama dan politik. Sebuah kemungkinan wacana bagi hubungan agama dan politik. Eksperimen hubungan agama dan demokrasi yang masih bertahan hingga hari ini selama 31 tahun (1979-2010).
 
Display Buku



Rp 40.000
Hemat Rp 6.000
Rp 34.000


 
Judul Pemikiran Politik Islam dalam Pemerintahan  
No. ISBN 9786029755312 
Penulis Imam Khumaini 
Penerbit Sadra Press 
Tanggal terbit 2010 
Jumlah Halaman
Berat Buku 300 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Sosial-Politik 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar