Rabu, 10 April 2013

Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi

Dikenal sebagai "Sang Guru Filsafat Ilumniasi" (Syaikh al-Isyraq) dari Timur dalam khazanah filsafat Islam, sosok dan pemikiran Suhrawardi Al-Maqtul (1153-1191 M) nyaris belum pernah dikaji secara serius dan sistematis. Pemikiran Suhrawardi bukanlah sebuah sistem teologi, teosofi, dan juga bukan sejenis sagesse oriental (hikmah dari Timur), melainkan sebuah konstruksi filsafat mistis sistematis yang mengabaikan dogmatisme dengan disposisi dinamis. Meski mengandung kearifan (sophia) dalam artian ketat, pemikiran Suhrawardi pada dasarnya adalah sebuah konstruksi filsafat yang bertujuan menelaah hakikat segala sesuatu berikut berbagai jawaban manusia atasnya, yang diungkapkan secara sistematis dan radikal.
Pada masa ketika semangat zaman (Zeitgeist) dalam sejarah Islam sudah menjadi tidak lebih dari sekadar pengabaian atas pengalaman spiritual dan segenap manifestasi penyingkapannya, Filsafat Iluminasi (Hikmah al-Isyraq) Suhrawardi menawarkan sebuah metode telaah alternatif dalam mengkaji hakikat segala sesuatu dan menemukan jawaban atas berbagai persoalan yang berkaitan dengannya.
Buku di tangan pembaca ini berupaya mengisi kekosongan kajian ihwal sosok dan pemikiran Suhrawardi. Diharapkan bahwa kandungan buku ini akan menjadi langkah awal dan pendahuluan bagi kajian lebih lanjut dan lebih komprehensif atas pemikiran seorang manusia yang berpengaruh secara monumental pada mistisisme dan pemikiran filosofis dalam Islam.

***
Cakupannya yang komprehensif, analisisnya yang sistematis dan kritis, dan kandungan informasinya yang kaya telah membuat karya Hossein Ziai ini sangat penting bagi siapa pun yang melakukan kajian atas filsafat iluminasi Suhrawardi, Guru Filsafat Ilumniasi (Syaikh al-Isyraq).
—Kautsar Azhari Noer, Guru Besar Perbandingan Agama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Konsultan pada Sadra International Institute


Keunggulan:
  • Didesain untuk memberikan penekanan pada aspek filosofis dari Filsafat Iluminasi.
  • Melengkapi karya-karya lain tentang Suhrawardi dari pemikir dan peneliti sebelumnya, semisal Hossein Nasr dan Henry Corbin, yang banyak mengeksplorasi sisi spiritual-mistis pemikiran Suhrawardi.
  • Uraiannya sederhana dan sistematis
  • Harga terjangkau

Display Buku



Rp 60.000
Hemat Rp 9.000
Rp 51.000



 
Judul Sang Pencerah Pengetahuan dari Timur : Suhrawardi & Filsafat Iluminasi  
No. ISBN 9786029261363 
Penulis Dr. Hossein Ziai 
Penerbit Sadra Press 
Tanggal terbit Maret - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 350 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Islam 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar