Selasa, 13 Agustus 2013

Kaidah Tafsir

Dengan menguasai bahasa Arab, atau "merasa" paham terhadap arti sejumlah ayat-ayat al-Qur'an, atau memahami tema-tema tertentu yang dibicarakan dalam al-Qur'an, sebagian dari kita mungkin menganggap dirinya sudah layak menafsirkan al-Qur'an. Allah memang telah bersumpah dalam surah al-Qamar [54]: 17, yaitu "mempermudah al-Qur'an untuk menjadi pelajaran." Tetapi ini bukan berarti setiap orang dengan mudah dapat memahami secara benar kandungan dan pesan-pesan al-Qur'an. Karena pada ayat yang lain (QS. li 'Imran [3]: 7) Allah juga mengingatkan kepada siapa saja yang ingin memahami pesan-pesan al-Qur'an agar berhati-hati dan mempersiapkan diri, karena di samping yang muhkam, ada juga ayat-ayat yang mutsyabih. Untuk itu, diperlukan alat bantu agar pesan-pesan-Nya bisa dipahami secara benar sesuai konteks dan maksud ayat.

Pembicaraan tentang alat bantu yang digunakan dalam memahami ayat-ayat al-Qur'an tersebut selama ini terangkum dalam lingkup pembahasan Ilmu Tafsir, yang tercakup di dalamnya kaidah tafsir. Jika "Tafsir al-Qur'an" adalah penjelasan tentang maksud firman-firman Allah sesuai dengan kemampuan manusia, "Kaidah Tafsir", dengan demikian, bisa diartikan sebagai ketetapan-ketetapan yang membantu seorang penafsir untuk menarik makna atau pesan-pesan al-Qur'an dan menjelaskan apa yang musykil dari kandungan ayat-ayatnya.

Buku ini berisi penjelasan tentang syarat-syarat, ketetapan, dan aturan yang patut diketahui oleh siapa saja yang ingin memahami pesan-pesan al-Qur'an secara benar dan akurat. Ditulis oleh seorang ahli tafsir terkemuka, buku ini bisa dibilang sebagai "buku pertama" dalam bahasa Indoensia yang menyoal tentang kaidah tafsir.

Rp 99.000
Hemat Rp 14.850
Rp 84.150


Judul Kaidah Tafsir  
No. ISBN 9786027720077 
Penulis M. Quraish Shihab 
Penerbit Lentera Hati 
Tanggal terbit Juli - 2013 
Jumlah Halaman
Berat Buku 600 gr
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Islam 
Bonus
Text Bahasa Indonesia ··
Lokasi Stok gudang bukukita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar